Sebelum kita melakukan kegiatan, sadar maupun tidak, kita akan bertanya pada diri kita pertanyaan penting “ Apa manfaatnya bagiku?”. Seperti yang dikemukakan oleh De Porter (204 : 47) “ segala sesuatu yang ingin anda kerjakan harus menjanjikan manfaat bagi anda, atau anda tidak akan termotivasi untuk melakukannya” . Dengan mengatahui manfaat yang kita peroleh dari suatu kegiatan, kita akan termotivasi untuk melakukannya.
Dalam pembelajaran, seringkali siswa kurang termotivasi. Salah satu penyebabnya karena siswa tidak mengetahui apa manfaat yang diperoleh nya dalam pembelajaran tersebut. Dalam rencana pembelajaran yang disusun oleh guru, memang dicantumkan manfaat mempelajari materi matematika dan mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun dalam pelaksanaannya sering terabaikan, atau guru hanya menyampaikan seadanya sehingga belum dapat membangkitkan motivasi siswa dalam belajar.
Menemukan ambak sama saja dengan menciptakan minat dalam apa yang sedang dipelajari oleh siswa dengan menghuungkannya pada dunia nyata. Kadang-kadang AMBAK sangat jelas dalam benmak kita dan kadang-kadang kita harus mencarinya atau bahkan menciptakannya.Dalam hal ini seorang guru harus dapat mencari dan menyampaikan manfaat mempelajari setiap materi matematika sehingga siswa dapat menjawab pertanyaan Apa Manfaatnya BagiKu (AMBAK). Kepada siswa guru dapat membantu menemukan AMBAK dengan mengajukan pertanyaan seperti yang dikemukakan De Porter (2004 : 49) “ bagaimana aku dapat memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari?”.






0 comments:
Post a Comment