Motivasi dengan "AMBAK"
Guru memotivasi siswa
Pembelajaran dengan Tutor Sebaya
Tutor sebaya menyajikan pembelajaran.
Peningkatan kualitas guru melalui Sagusablog
GUru belajar membuat blog untuk pembelajaran
Saturday, July 25, 2020
Latihan Jarak Titik ke Titik
Latihan Soal Kedudukan Titik, Garis dan Bidang
Wednesday, July 15, 2020
Trik membuat soal dengan google form
Dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) juga harus disiapkan assesment atau penilaian. penilaian dapat dilakukan diantaranya dengan memanfaatkan google form. Pembuatan soal pada google form mungkin sudah tidak asing lagi bagi yang sudah menguiasai, tapi tentu butuh latihan lagi bagi pemula. Pembuatan soal pada google form kadang timbul permasalahan saat soal kita memiliki wacana / teks lebih dri satu paragraf seperti pada Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris. dan juga pada Matematika yang banyak menggunkaan Equation.
Pada kesempatan ini kita akan belajar trik membuat soal di google form untuk permasalah seperti yang disebutkan diatas. silakan pelajari video berikut ini. semoga bermanfaat.
Friday, July 3, 2020
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan Memanfaatkan Telegram
Motivasi dengan "AMBAK"
Sebelum kita melakukan kegiatan, sadar maupun tidak, kita akan bertanya pada diri kita pertanyaan penting “ Apa manfaatnya bagiku?”. Seperti yang dikemukakan oleh De Porter (204 : 47) “ segala sesuatu yang ingin anda kerjakan harus menjanjikan manfaat bagi anda, atau anda tidak akan termotivasi untuk melakukannya” . Dengan mengatahui manfaat yang kita peroleh dari suatu kegiatan, kita akan termotivasi untuk melakukannya.
Dalam pembelajaran, seringkali siswa kurang termotivasi. Salah satu penyebabnya karena siswa tidak mengetahui apa manfaat yang diperoleh nya dalam pembelajaran tersebut. Dalam rencana pembelajaran yang disusun oleh guru, memang dicantumkan manfaat mempelajari materi matematika dan mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun dalam pelaksanaannya sering terabaikan, atau guru hanya menyampaikan seadanya sehingga belum dapat membangkitkan motivasi siswa dalam belajar.
Menemukan ambak sama saja dengan menciptakan minat dalam apa yang sedang dipelajari oleh siswa dengan menghuungkannya pada dunia nyata. Kadang-kadang AMBAK sangat jelas dalam benmak kita dan kadang-kadang kita harus mencarinya atau bahkan menciptakannya.Dalam hal ini seorang guru harus dapat mencari dan menyampaikan manfaat mempelajari setiap materi matematika sehingga siswa dapat menjawab pertanyaan Apa Manfaatnya BagiKu (AMBAK). Kepada siswa guru dapat membantu menemukan AMBAK dengan mengajukan pertanyaan seperti yang dikemukakan De Porter (2004 : 49) “ bagaimana aku dapat memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari?”.
Pembelajaran dengan Tutor Sebaya
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Proses pembelajaran perlu direncanakan , dilaksanakan dan dinilai dan diawasi agar terlaksana secara sefektif dan efisien ( Permen Diknas No. 41 tahun 2007 tentang standar proses). Agar dapat menyajikan pembelajaran yang efektif dan efiesien guru harus merencanakan sebuah model pembelajaran. Model pembelajaran adalah adalah pedoman berupa program atau petunjuk strategi mengajar yang dirancang untuk mencapai suatu pembelajaran ( Wardhani, 2005). Pedoman ini memuat tanggung jawab guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran. Salah satu tujuan dari penggunaan model pembelajaran adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa selama belajar.
Salah satu model pembelajaran yang banyak digunakan yaitu model pembelajaran Tutor sebaya. Sekolah memiliki banyak potensi yang dapat ditingkatkan efektifitasnya untuk menunjang keberhasilan suatu program pembelajaran. Potensi yang ada disekolah yaitu semua sumber-daya yang dapat mempengaruhi hasil dari proses pembelajaran. Sumber belajar tidak hanya guru tetapi dapat orang lain yang bukan guru melainkan teman sekelas, teman dari kelas yang lebih tinggi atau keluarga di rumah. Sumber belajart yang bukan guru dan berasal dari dari teman sekelas di sebut Tutor Sebaya . Menurut Dedi Supriadi yang dikutip ioleh Tim Matematika Kontenporer ( 2001 : 233 ) ”tutor sebaya adalah seorang atau beberapa orang siswa yang ditunjuk atau ditugaskan untuk membantu siswa yang kesulitan belajar. Tutor tersebut diambil dari kelompok yangt prestasinya lebih tinggi ”. Bantuan dari tutor sebaya dapat menghilangkan kecanggungan. Bahasa tutor sebaya lebih mudah dipahami. Dengan teman sebaya tidaka da rasa enggan, rendah diri, malu dan sebagainya untuk bertanya ataupun minta bantuan.
PEMBELAJARAN BERBASIS IT
Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah membawa dampak signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam bidang pe...








